Desain Pencahayaan Renovasi Bangunan Tua Rumah Ibadah Kapel Kolese Kanisius Jakarta

Latar Belakang Kapel Kolese Kanisius

Kolese Kanisius adalah sekolah Katholik yang semua muridnya adalah pria. Didirikan pada tahun 1927 oleh Ordo Sarekat Jesuit. Sekolah ini memiliki sebuah rumah ibadah yaitu Kapel yang pembangunan selesai pada tahun 1931. Berikut adalah gambar perencanaan awal yang ditemukan pada arsip sekolah Kolese Kanisius.

Desain Pencahayaan pada awal berdirinya kapel ini dapat digunakan pada siang hari tanpa banyak menggunakan lampu karena jendela kiri-kanan yang cukup banyak dengan bukaan yang besar menghadap utara – selatan sehingga ruangan tidak silau dan panas. Bagian dinding altar menghadap timur sehingga sinar matahari pagi menerangi altar melalui kaca patri.

Akan tetapi pada akhir 1980 an dibangun bangunan tinggi yang menutupi bangunan kapel sehingga cahaya tidak masuk ke dalam kapel yang menyebabkan ruangan menjadi gelap dan sulit digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan perubahan desain agar kapel dapat menjadi lebih terang. Berikut adalah gambar kapel setelah dilakukan renovasi agar ruangan lebih terang.

Tahap Preliminary Design

Pekerjaan Preliminary Design pertama kali dilakukan pada tahun 2016 dengan pembentukan tim yaitu

  • ALTA Integra sebagai Acoustic, Lighting, dan Audio Design
  • Atelier Cosmas Gozali sebagai Arsitektur Perencana
  • Beberapa alumni Kolese Kanisius sebagai tim pengawas perencanaan dan pembangunan

Sebelum melakukan konsep design ALTA Integra melakukan pengukuran tingkat cahaya daylighting. Pada fase Preliminary Design ALTA Integra mengajukan beberapa usulan konsep pencahayaan kepada owner.

Schematic Design

Setelah konsep design diajukan pada tahap Preliminary Design disetujui oleh Owner dan Tim Perencana maka pekerjaan dilanjutkan ke tahapan Schematic Design dimana ALTA melakukan modeling dan simulasi.

Detailed Engineering Design

Berikut adalah detail design dari ALTA yang telah dilakukan:

Construction

Membuat Mock Up Pemasangan agar konsisten dengan desain. Tujuan dari Mock Up ini adalah untuk mengetahui kesesuaian hasil dengan design simulasi.

 

Testing & Commissioning Desain Pencahayaan

Setelah tahap design dan konstruksi selesai, perlu dilakukan testing dan commissioning dengan tujuan untuk memastikan desain pencahayaan yang telah dibuat memenuhi parameter pencahayaan yang diinginkan dan terpasang sesuai dengan yang seharusnya.

Pada gambar (a) dan (b) merupakan rencana desain pencahayaan dan hasil pengukuran yang didapatkan.

   

                                                                                                         simulasi                                                                      terbangun

Dari simulasi yang telah dilakukan sebelumnya akan dilakukan pengujian secara subjektif untuk menilai apakah tampilan cahaya yang dihasilkan luminer terbangun sudah sesuai dengan simulasi yang dilakukan. Dari gambar diatas dapat dilihat perbandingan antara simulasi dan kondisi terbangun, terlihat kondisi ruangan antara simulasi dan terbangun tidak terpaut jauh. Kemudian akan dilakukan checklist pekerjaan oleh kontraktor dan pengawas sebagai pertanggung jawaban ALTA Integra telah menyelesaikan pekerjaan.

Setelah ALTA Integra melakukan renovasi bangunan tua Kapel Kolese Kanisius dengan desain pencahayaan yang lebih modern namun tidak mengurangi kesakralan ketika beribadah.

Related Projects
    Contact Us

    We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

    Not readable? Change text. captcha txt

    Start typing and press Enter to search