Best Acoustic Design for Mr. DR’s Music Room – Jakarta

 In Professional Studio

The Story Behind For Making The Music Room

To expand the entertainment facilities in his house, Mr. DR plans to build a music room which is intended as a place to rest, gather with friends and family, a place to relax, enjoy live music, and so on.

Namun untuk mendapatkan kualitas ruang musik (music room) yang baik, diperlukan desain interior yang mampu mengakomodasi kebutuhan akustik dalam ruang tersebut. Maka dari itu, Bapak DR selaku pemilik rumah menunjuk ALTA Integra sebagai konsultan akustik ruang, untuk merancang komponen akustik ruang pada ruang musik (music room) tersebut.

Fase Preliminary Design (PD)

Fase Preliminari Desain dimulai dengan kick-off meeting untuk dapat memahami karakter, selera dan impian pemilik. Kemudian dilanjutkan dengan site survey untuk mempelajari kondisi ruangan yang tersedia, posisi ruangan di dalam rumah dan bagaimana hubungan ruangan tersebut terhadap lingkungan sekitar.

Konsep desain dimulai dari membuat usulan layout interior dengan memperhatikan faktor-faktor teknis seperti orientasi ruangan, layout dan sirkulasi. Berikut adalah proposal layout yang kami ajukan kepada klien dengan pertimbangan beberapa aspek di atas.

Fase Front-EndEngineering Design (FEED)

Pada tahap ini ALTA Integra membuat detail desain pengerjaan untuk mempermudah ketika pemasangan. Berikut adalah salah satu contoh gambar detail desain dinding dan plafon ruang musik oleh ALTA Integra.

Dari detail gambar tersebut dipasang panel akustik yang bertujuan agar kualitas suara dalam ruangan menjadi lebih bright & jernih serta dapat mengatasi gaung/gema yang ada dalam ruangan tersebut. Selain itu pemasangan panel akustik juga menambah keindahan interior ruangan itu sendiri.

Fase Testing & Commisioning

Setelah fase konstruksi selesai atau ruang musik sudah terbangun maka fase selanjutnya yaitu testing & commissioning. Pada tahap ini bertujuan untuk memastikan dan mengecek serta membandingkan hasil dari simulasi dengan terbangun apakah sudah sesuai.

Dari kedua gambar terlihat kesesuaian hingga 99% yang dapat dikatakan bahwa antara simulasi dan terbangun sudah sesuai dengan perencanaan diawal yang sudah disepakati bersama. Fase ini tidak hanya mengecek dari segi visual saja namun juga dilakukan pengukuran parameter akustik. Dari hasil pengukuran yang sudah dilakukan dengan menggunakan software didapatkan hasil yang cukup baik.

Setelah terbangun, Bapak DR sangat puas dengan hasil desain akustik dari ALTA Integra. Kualitas suara yang dihasilkan cukup bersih dan jernih sehingga tidak banyak menghasilkan suara fals. Ruang musik ini pun terbebas dari permasalahan gema atau gaung karena adanya panel-panel akustik yang terpasang pada dinding dan plafon. Sehingga ketika digunakan ruang musik Bapak DR sangat nyaman dan suara yang dihasilkan juga memiliki kualitas suara yang bagus.

 

Untuk konsultasi, silakan isi form berikut atau hubungi kami di :

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search