Abstrak Paper “Study of the Effect of Splaying Wall to Modify Acoustic Modes Distribution in Small Room” oleh ALTA Integra

 In Events

RECAV 2017

Regional Conference on Acoustics and Vibration  (RECAV) 2017 merupakan konferensi dengan agenda publikasi paper penelitian serta workshop di bidang akustik dan vibrasi. Konferensi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Akustik dan Vibrasi Indonesia serta Society of Acoustics Singapore (SAS) dan bekerja sama dengan Acoustical Society of America (ASA), International Commission on Acoustics (ICA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Konferensi ini juga turut didukung oleh beberapa institusi pendidikan lainnya, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

RECAV 2017 akan dilaksanakan pada 27-28 November 2017 di Denpasar, Bali. Konferensi ini akan menghadirkan beberapa pembicara ternama di bidang akustik seperti Jeong Guon Ih (President Emeritus of Acoustical Society of Korea), Wong Siong Gan (President of Society of Acoustics Singapore), Prof. Kazuya Takeda (Vice-President of Acoustical Society of Japan / ASJ), dan beberapa tokoh profesional lainnya. Prof. Intan Ahmad, Ph.D selaku Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pun turut diundang dalam kegiatan ini.

Pada RECAV 2017, ALTA Integra mengirimkan 2 paper terkait room modes dan panel insulasi suara untuk dipresentasikan. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai abstrak paper terkait room modes.

 

paper-room-modes

Gambar 1. Abstrak Paper “Study of the Effect of Splaying Wall
to Modify Acoustic Modes Distribution in Small Room”

 

Author dari paper berjudul “Study of the Effect of Splaying Wall to Modify Acoustic Modes Distribution in Small Room” ini adalah Herwin Gunawan, dengan co-author Teguh Aditanoyo. Penelitian ini didasari oleh permasalahan room modes di dalam ruangan yang dapat mempengaruhi karakteristik dari sumber suara tersebut. Paper ini membahas mengenai penentuan efektivitas dari penggunaan dinding yang memiliki sudut kemiringan tertentu (splaying wall) untuk menggeser room modes tanpa menghabiskan banyak ruang.

Penelitian ini mencoba menggunakan input room ratio yang berbeda-beda, di antaranya dengan metode rasio random, splay wall, Bolt, Louden, dan Cox. Penggunaan metode room ratio yang berbeda ini kemudian dikalkulasi lalu dibandingkan hasilnya.

Karakteristik suara dengan frekuensi rendah pada ruangan dianalisis dengan metode Finite Element Method (FEM). Dari metode ini, data grafik tingkat tekanan suara (SPL) lalu dianalisis untuk menentukan metode dari room ratio yang paling baik untuk digunakan.

Ke depannya, diharapkan ALTA Integra dapat terus berpartisipasi dalam publikasi paper penelitian seperti ini serta mampu meningkatkan kualitas dari ALTA Integra sebagai firma konsultan fisika bangunan baik dari aspek akustik, pencahayaan, maupun termal.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Start typing and press Enter to search